Home / Indonesia / Usai Dicari, Tiga Elang Jawa Ini Menampakkan Diri di Merapi

Usai Dicari, Tiga Elang Jawa Ini Menampakkan Diri di Merapi

Sebagaimana diketahui, Indonesia memang telah melindungi beberapa satwa langka yang spesiesnya sudah hampir punah. Salah satunya ialah burung Elang Jawa. Burung tersebut dikabarkan telah menampakkan diri di Merapi usai dicari oleh pihak berwenang.

Balai Taman Nasional Gunung Merapi atau TNGM menyebut  bahwa ada sebanyak tiga ekor elang berusia muda yang beberapa hari lalu ditemui oleh petugas ialah Elang Jawa. Untuk melindungi dari perburuan kepada tiga Elang Jawa baru tersebut, segenap petugas TNGM sekarang ini tengah mencari posisi dimana sarangnya.

“Spesiesnya ialah Elang Jawa. Sekarang ini kami tengah terus melakoni pengamatan untuk mencari dimana sarang mereka,” kata Arief Sulfiantoro selaku Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNGM, hari Senin (21/3/2016) kemarin.

Arief juga mengatakan, bahwa Elang Jawa ini bertelur hanya satu tahun sekali. Itu pun cuma menghasilkan satu telur saja sehingga keberadaan sosok tiga ekor Elang Jawa yang baru ini harus terus dipantau dan dijaga betul masalah perlindungannya. “Kami pasti bakal menjaga perlindungannya. Namun lantaran Elang Jawa itu amat sensitif, jadi pantauan harus hati-hati agar tak sampai menganggu mereka,” tandasnya.

About admin