Home / Unik / Untuk Informasi Darurat, Dusun di Lereng Merapi Pakai ‘Gateway’

Untuk Informasi Darurat, Dusun di Lereng Merapi Pakai ‘Gateway’

Di gunung memang sudah biasa kalau jaringan komunikasi sulit, sebab sinyal di gunung memang terbilang susah, dan hanya ada jaringan seluler tertentu saja yang bisa dipakai. Oleh sebab itu, dusun di Lereng Merapi menggunakan Gateway untuk informasi darurat.

Masyarakat yang ada lereng Merapi, tepatnya di Dusun Srondokan serta Gungan yang saat ini bermukim di Hunian Tetap Wukirsari Cangkringan Sleman punya cara tersendiri untuk memberikan info kondisi darurat serta acara penting yaitu dengan sistem SMS Gateway.

Tak hanya itu, dusun juga membuat sebuah web, agar warga yang pergi bekerja ke luar Jawa tetap mampu kangen-kangenan serta mengikuti kemajuan tempat asal mereka.

“benar kalau ada EWS Merapi, ada HT juga disini, ada juga pengeras Masjid, namun kami juga punya layanan SMS Gateway,” kata Totok Hartanto selaku Kepala Dukuh Gungan – Srodokan, hari Kamis (25/02/2016) siang tadi. “Ini bukan untuk menghilangkan tradisi saling berkunjung, namun cuma sifatnya yang darurat dan masalah penting saja. Jika undangan hajatan akan tetapi di datangi satu-persatu warganya,” tandasnya.

About admin