Home / Kesehatan / Tahahir Bernapas Dengan Dibantu Selang Karena Menderita Tumor

Tahahir Bernapas Dengan Dibantu Selang Karena Menderita Tumor

Pada umumnya, manusia bernapas menggunakan hidung, namun tak sedikit juga manusia bernapas menggunakan saluran lain karena mendereita sebuah penyakit tertentu. Hal ini seperti yang dialami oleh Tahahir, dimana ia bernapas dengan dibantu selang lantaran ia menderita tumor.

Tidak banyak yang dapat diungkapkan oleh pria yang berumur 50 tahun ini. Tak ada suara yang bisa keluar ketika ia sedang berbicara. Cuma dari gerak bibirnya saja, kita bisa tahu apa yang dimaksud. Itu pun harus dengan jeli. Hal ini lantaran suaranya amatlah pelan, hampir tidak ada. Bernapas pun ia dibantu dengan saluran pipa yang dihubungkan ke kerongkongan.

Pria yang bernama lengkap M Tahahir A Gani, eorang warga Desa Kulu, Kabupaten Bireuen, Aceh, ini mengaku sudah tak tahu harus berbuat seperti apa lagi. Ia telah beberapa kali melakoni upaya operasi untuk engangkat tumor, namun tidak berhasil.

Bahkan, sejak 15 hari yang lalu, kerongkongannya didapati bocor, mengeluarkan darah serta nanah ketika ia batuk.  Sesekali ia mengusap tumor di lehernya tersebut dengan handuk kecil putih yang dilingkarkan di lehernya. “Jika nggak saya lap sesekali, orang pasti jijik melihat sayya, apalagi kalau ada orang yang duduk di dekat saya,” katanya, lalu berusaha untuk menutupi organ tubuhnya yang sudah berlubang tersebut, hari Senin (14/3/2016) kemarin.

About admin