Home / Uncategorized / Ratusan Petani Unjuk Rasa Usai Harga Gabah Anjlok

Ratusan Petani Unjuk Rasa Usai Harga Gabah Anjlok

Sebagaimana yang diketahui, saat ini harga gabah di Tanah Air sedang menurun. Hal ini tentu membuat para petani padi resah sebab harga pupuk juga masih mahal. Dikabarkan, para petani tengah melangsungkan aksi unjuk rasa terkait harga gabah yang anjlok ini.

Diketahui ada ratusan perwakilan petani sedang berunjuk rasa di kantor DPRD Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, hari Selasa (1/3/2016) siang kemarin. Mereka diyakini telah merasa kecewa dengan anjloknya harga gabah di tangan petani mencapai Rp 4.500 per kilogramnya dari harga seblum turun yakni sebesar Rp 5.400 per kilogram.

Mereka mengklaim bahwa anjloknya harga gabah tersebut lantaran ulah permainan para pengusaha serta Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia untuk meraup kentungan pribadi secara besar. Alasannya pun menarik, yakni harga beras di pasaran sekarang ini masih dijual di harga Rp 10.000 per kilogramnya.

“Unjuk rasa petani ini merupakan sebagai bentuk rasa kekecewaan petani atas keputusan satu pihak dari Perpadi yang menurunkan harga gabah menjadi Rp 4.500 yang harga sebelumnya adalah Rp Rp 5.300. Padahal, harga beras yang ada di pasaran masih dilego seharga Rp 10.000-an per kilogramnya,” ungkap Zainal Abidin, yang selaku ketua Asosiasi Kelompok Tani Pinrang, Selasa kemarin kepada wartawan.

About admin