Home / Indonesia / Ini Lompatan RI Sebelum Memproduksi Ban Pesawat

Ini Lompatan RI Sebelum Memproduksi Ban Pesawat

Beberapa waktu yang lalu, memang muncul kabar bahwa Indonesia akan mulai memproduksi ban pesawat. Namun, ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh Indonesia sebelum memproduksi ban pesawat tersebut.

Hingga sekarang ini, negara kita memang masih belum punya pabrik ban pesawat sendiri. Untuk keperluan ban pesawat, Indonesia masih harus mengimpor dari sejumlah negara produsen antara lain Amerika Serikat, Inggris, Perancis, hingga Jepang. Bahkan untuk membenahi ban pesawat atau vulkanisir juga belum bisa dilakukan di negara kita ini.

Untuk memburu ketertinggalan ini, RI pun berniat unruk membangun bengkel vulkanisir ban pesawat lebih dahulu. Untuk membuat sebuah bengkel vulkanisir diperlukan roadmap atau kerangka tujuan bersama dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait.

“Perlu adanya Roadmap, jadi rencana bersama untuk menyusun kerangka dengan milestone  yang terkait di dalamnya. Dengan tahap hingga ke tahap akhir,” ujar Alphada selaku  Program Manager Transportasi Airlines Kementerian Perhubungan, kepada wartawan detikFinance saat ditemui di Kementerian Perindustrian, Jaksel, hari Rabu (25/5/2016) kemarin. “Kalau soal ban pesawat sudah dari Direktorat Kelaikan Udara Kemenhub. Untuk pembinaan industrinya dari Kemenperin, untuk research serta teknologinya dari BPPT,” papar Alphada.

About admin