berita umum

BPBD Mojokerto Menjelaskan Laporan Kebakaran Musim Kemarau

BPBD Mojokerto Menjelaskan Laporan Kebakaran Musim Kemarau – Kebakaran sudah menghanguskan 725 hektare rimba di Kabupaten Mojokerto selama musim kemarau tahun ini. Sejumlah besar rimba yang terbakar di daerah Taman Rimba Raya (Tahura) R Soerjo.

Agen Judi Bola

Kepala Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini menjelaskan, kebakaran menghanguskan 165,9 hektare rimba punya Perhutani. Dengan perincian 88,7 hektare di daerah Tubuh Kesatuan Pemangkuan Rimba (BKPH) Pacet, 12,5 hektare di BKPH Kemlagi, dan 64,7 hektare di BKPH Jatirejo.

Sesaat rimba yang terbakar di lokasi Tahura R Soerjo, lanjut Zaini, tambah lebih luas. Selama musim kemarau tahun ini, kebakaran sudah menghanguskan 559 hektare rimba lindung. Rimba yang terbakar ada di lereng Gunung Welirang serta Pegunungan Anjasmoro.

Semenjak musim kemarau bulan Juli 2019 sampai sekarang, keseluruhan luas rimba yang terbakar 724,9 hektare,” kata Zaini waktu dihubungi, Sabtu (12/10/2019).

Dia memberikan tambahan, api masih membakar rimba Tahura R Soerjo. Menurutnya, titik kebakaran yang belum dapat dipadamkan ada di blok Watu Ombo, Desa Jabung, Kecamatan Jatirejo serta blok Watu Kelab Desa Ngembat, Kecamatan Gondang.

Sekitar 18 personil dari Tahura R Soerjo terus berusaha mematikan api dengan tradisionil. Proses pemadaman terhalang susahnya medan. Selama ini belum dapat diyakinkan luas rimba yang masih terbakar.

“Medannya terjal hingga team susah untuk mencapai ke tempat titik api,” ujarnya.

Show More
Back to top button
Close