Home / Indonesia / 150 Kakatua Direhabilitas Sebelum Dilepas ke Habitat Aslinya

150 Kakatua Direhabilitas Sebelum Dilepas ke Habitat Aslinya

Burung Kakaktua memang merupakan satwa yang dilindungi di negara Indonesia. Satwa unik tersebut memang hampir punah dan spesiesnya sudah mulai langka. Oleh sebab itu, pemerintah akan menangkap siapa saja yang berusaha memperjual belikan burung langka tersebut.

Dikabarkan, bahwa satwa dilindungi jenis burung kakatua yang diamankan oleh petugas gabungan dari Dinas Kehutanan, Polsek serta Kejari Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara sudah bertambah dari 141 menjadi sebanyak 150 ekor.

Kakatua jenis jambul kuning dan kakatua hijau tersebut, pada hari Kamis (17/3/2016) sore tadi diamankan ke Balai Resort Konservasi Sumberdaya Alam, Tobelo Kabupaten Halmahera Utara guna dilakukan direhabilitasi sebelum mereka semua dikembalikan ke habitat aslinya.

Hendri Badar selaku Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBD memaparkan, bahwa pemilik penangkaran satwa itu yakni Ani Jainab sudah dimintai keterangan. “Satwa ini dibeli dari warga di Halmahera dan Morotai dikumpulkan untuk dijual. Pekerjaan ini ia lakukan baru kali pertama dan tak tahu menahu kalau hewan itu dilindungi. Ia lakukan ini lantaran untuk menyambung hidup sebab ia tak memiliki pekerjaan,” ujar Hendri Badar pada wartawan.

About admin