Ternyata, Obesitas Bisa Dipicu Oleh Paparan Sinar Saat Tidur

Obesitas memang sebuah hal yang sangat tidak diinginkan oleh semua orang. Namun, kegiatan yang memicu obesitas nyatanya masih juga dilakukan oleh sejumlah orang. Memang tak banyak orang tahu apa yang membuat pemicu obesitas itu sendiri. Salah satu hal yang bisa memicu obesitas ialah paparan sinar saat tidur.

Untuk mencari tahu seperti apa hubungan antara cahaya lampu dengan obesitas, peneliti dari University of Haifa menganalisa bahwa paparan lampu malam hari di seluruh dunia lewat satelit militer AS serta menggabungkannya dengan data obesitas dari pihak Organisasi Kesehatan Dunia.

Peneliti lantas mendapatkan jawaban mengenai hubungan antara cahaya lampu saat malam hari dengan tambahnya berat badan yang berlebih kepada pria serta wanita. Kendati demikian, penelitian ini tak membuktikan bbahwa cahaya lampu bisa secara langsung memicu obesitas.

“Sebab adanya cahaya lampu di saat malam hari, khususnya ketika jelang waktu tidur, kita menjadi kerap makan di waktu yang kurang tepat, yakni saat proses metabolisme mulai lambat di malam hari yang mana hal ini memicu obesitas,” kaata seorang peneliti, NA Rybnikova.