Home / Berita Umum / Operasi Keselamatan Semeru 2019 Operasi Tahunan Polda Jatim

Operasi Keselamatan Semeru 2019 Operasi Tahunan Polda Jatim

Operasi Keselamatan Semeru 2019 Operasi Tahunan Polda Jatim – Pascapemilu 2019, Ditlantas Polda Jawa timur mengadakan Operasi Keselamatan Semeru. Operasi ini menyertakan 3.147 personil terbagi dalam Polri serta lembaga yang lain seperti TNI, Dinas Perhubungan sampai Layanan Raharja.

Operasi Keselamatan Semeru 2019 adalah operasi tahunan yang diadakan pada 29 April – 12 Mei 2019. “Ini kan Operasi Keselamatan Semeru 2019 yang setiap tahun kita kerjakan. Untuk tahun ini Operasi Semeru 2019 ini mulai 29 April sampai 12 Mei 2019,” kata Ditlantas Polda Jawa timur Kombes Heri Wahono selesai apel di Mapolda Jawa timur, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (29/4/2019).

“Sepanjang 12 hari pekerjaan. Maksudnya kita ingin tingkatkan kesadaran ataupun disiplin warga dalam berlalu lintas. Arah pada akhirnya terciptanya keselamatan serta kelancaran berlalu lintas,” tambah Heri.

Heri memberikan ada tujuh atensi sebagai fokusnya. Tetapi dalam operasi kesempatan ini, pihaknya lebih memprioritaskan sikap preemtif atau memberikan pendidikan sampai publikasi warga untuk keselamatan berlalu lintas.

Untuk prosentasenya, Heri menyebutkan preemtif mendapatkan perhatian spesial yaitu 60%. Sesaat mencegah serta represif atau penegakan hukum semasing 20%.

“Kita konsentrasi preemtifnya itu pelanggaran yang sifatnya 7 prioritas pelanggaran serta yang memunculkan sarana korban kecelakaan jalan raya. Contohnya pengemudi yang menjalankan handphone, lalu pengemudi yang mengendarai kendaraan dibawah dampak alkohol miras atau narkoba, selalu menantang arus dan lain-lain,” sebut Heri.

Diluar itu, Heri menyebutkan pihaknya memberikan atensi pada pengendara yang tidak memakai helm SNI. Lalu pengendara dibawah usia, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt serta pengendara yang melalui batas kecepatan.

Heri menyarankan warga untuk lebih waspada dalam mengemudikan kendaraannya di jalan raya. Diluar itu, Heri minta warga mengecheck persiapan kendaraan sebelum dipakai.

“Minta pada warga terutamanya pengendara kendaraan bermotor supaya lebih waspada dalam mengendarai kendaraan bermotor terutamanya di jalan raya. Tolong lebih perhatian pada kendaraannya sebelum mengendarai kendaraan bermotor,” ujarnya.

About admin