Home / Berita Umum / Kebakaran Terjadi Di Studio Kyoto Animation Jepang

Kebakaran Terjadi Di Studio Kyoto Animation Jepang

Kebakaran Terjadi Di Studio Kyoto Animation Jepang – Seseorang saksi mata tindakan pembakaran studio Kyoto Animation di Kyoto, Jepang, mengaku sudah sempat bicara langsung dengan aktor. Saksi mata ini menyebutkan aktor terlihat aneh.

Seperti dikutip Associated Press, Jumat (19/7/2019), saksi mata yang tidak disebutkan namanya ini mengaku dianya lihat aktor di luar gedung, waktu api masih berkobar membakar gedung tiga lantai sebagai studio Kyoto Animation pada Kamis (18/7) waktu ditempat.

“Saya menanyakan pada pria itu apa ia baik-baik saja. Selanjutnya ia berteriak pada saya, ‘Jangan bicara padaku! Jangan mengejekku!’,” papar saksi mata pada wartawan.

“Jadi saya lihat ia terlihat dikit aneh. Ia demikian terbakar sampai saya tidak dapat lihat ekspresi mukanya,” tambah wanita yang tidak disebutkan namanya itu.

Didapati jika aktor, yang identitasnya belum disibak ke publik ini, alami cedera bakar serius di muka serta kakinya. Aktor yang berumur 41 tahun ini diadukan tengah jalani perawatan medis sekalian ada dibawah pengawasan polisi ditempat.

Motif dibalik tindakan pembakaran ini masih misterius. Kepolisian Jepang sedikit ungkap info masalah aktor atau masalah sangkaan motifnya.

Laporan media-media lokal menyebutkan aktor tidak kerja di studio animasi itu. Menurut tv nasional Jepang, NHK, aktor tidak mempunyai keterikatan langsung dengan Kyoto Animation. Berdasar surat izin mengemudinya, aktor didapati mempunyai alamat di Saitama, tepian Tokyo sisi utara.

Seseorang saksi mata yang lain menyebutkan aktor sudah sempat geram waktu ditangkap polisi serta menyalahkan jika suatu sudah dicuri darinya. Menurut dia, aktor berteriak menyebutkan dianya jadi korban tindakan jiplakan. Saksi yang pun tidak disebutkan namanya ini lihat langsung peristiwa waktu aktor ditangkap polisi di tempat. Saksi ini menyebutkan aktor sudah akui pada polisi di tempat jika dianya yang tuangkan bensin serta membakar gedung studio animasi itu.

“Ia (pelaku-red) terdengar seperti mempunyai dendam pada warga, serta ia bicara dengan suara geram ke polisi, sekalian ia merasakan kesakitan,” papar saksi itu pada Kyodo News. Menurut saksi, aktor alami cedera bakar kronis di lengan serta kaki yang membuat celana jeans aktor hangus sampai terkoyak.

“Ia terdengar seperti mempunyai dendam pada Kyoto Animation,” tambah saksi itu.

Beberapa korban selamat menjelaskan jika aktor sudah sempat sempat berteriak ‘Mati kau!’ sebelum tuangkan cairan disangka bensin di pintu masuk gedung kantor Kyoto Animation. Aktor membakar gedung itu pada Kamis (18/7) siang, seputar jam 10.30 waktu ditempat.

Api yang berkobar hebat di pintu masuk gedung, menurut media lokal Jepang, memaksakan beberapa orang yang ada di untuk cari pintu keluar yang lain. Tangga spiral yang ada di gedung tiga lantai ini, menurut NHK, disangka menolong kobaran api serta kepulan asap menebar secara cepat ke lantai atas.

Gedung tiga lantai itu terbakar hebat sampai perlu waktu beberapa saat untuk mematikan kobaran api. Selama ini, otoritas ditempat menyebutkan 33 orang meninggal. Seputar 36 orang yang lain alami beberapa luka, dengan 10 orang salah satunya dalam keadaan gawat di rumah sakit ditempat.

Tindakan pembakaran di studio Kyoto Animation ini tertera jadi pembunuhan massal terberat di Jepang dalam dua dekade paling akhir, semenjak tindakan pembakaran mematikan di distrik hiburan Kabuhicho, Tokyo, tahun 2001 lalu yang tewaskan 44 orang.

About penulis77