Home / Indonesia / Jokowi : Kereta Bandara Bisa Kurangi Beban Jalan Darat

Jokowi : Kereta Bandara Bisa Kurangi Beban Jalan Darat

Presiden Republik Indonesia, yakni Joko Widodo memang selalu melakukan terobosan untuk kemajuan negara ini. Kali ini, mantan Walikota Solo ini akan membuat kereta bandara yang bertujuan untuk mengurangi beban berat jalan darat.

Pembangunan kereta ekspres dengan rute tertuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, kota Tangerang, ini disinyalir akan bisa banyak mengurangi volume kendaraan roda empat yang menuju ke bandara itu.

“Ini kereta dibuat untuk bisa mengurangi beban jalan darat khususnya jalan tol dan di terminal 3 yang diyakini bisa berkapasitas sebanyak 15 juta penumpang,” ujar Yayat Supriatna selaku pengamat tata kota dan transportasi dari Universitas Trisakti Jakarta, pada wartawan Kompas.com, hari Senin (15/2/2016) siang ini.

Selaras dengan Yayat, Pak Jokowi ketika mendatangi proyek pembangunan jalur kereta Desember 2015 lalu, menyebut bahwa proyek infrastruktur transportasi ini adalah upaya solusi kemacetan dari kota yang menuju ke bandara tersebut. “Saya sudah menargetkan kalau semester pertama di tahun 2017 harus sudah selesai dan bisa digunakan,” kata Jokowi. Kereta menuju Bandara Soetta ini memiliki dua rute, yaitu rute Halim-Cengkareng serta rute Manggarai-Cengkareng. Bisa jadi, ini merupakan solusi kemacetan yang bagus.

About admin