Ini Dia Efek Memakai Korek Kuping

Kebanyakan dari kita pasti pernah menggunakan korek kuping untuk sekedar membersihkan kotoran yang ada di kuping. Memang kuping akan terasa gatal kalau sudah lama tidak dibersihkan. Namun, ternyata ada manfaat dan efek sampingnya saat menggunakan korek kuping. Apakah efek sampingnya memakai korek kuping ini?

Cotton buds atau lazimnya kita sebut dengan korek kuping adalah sebuah alat andalan untuk membersihkan kotoran yang ada telinga. Namun, dikabarkan dokter pun memperingatkan risiko tak baik dalam memakai korek kuping ini. Apalagi, kalau Anda memasukkan cutton bud tersebut terlalu dalam ke telinga.

Di dalam telinga, ada sebuah kelenjar yang mana kelenjar ini menghasilkan zat semacam lilin yang disebut serumen serta dikenal dengan sebutan kotoran telinga. Serumen berwarna kuning dan juga hampir kecokelatan. Saat lilin ini sampai menutupi lubang telinga, banyak orang yang memakai korek kuping untuk mengangkut kotoran keluar dari telinga.

Akan tetapi, tindakan itu sejatinya malah mampu enimbulkan masalah pendengaran Anda. Hal ini lantaran, bagian ujung cutton bud yang berbahan kapas bisa mendorong lilin menuju ke gendang telinga. Menurut penilaian para ahli dari Oxford University Hospitals, manusia sejatinya gak perlu membersihkan telinga memakai alat sebab sejatinya, telinga sendiri sudah mampu membersihkan diri secara natural dan otomatis.