Home / Berita Umum / Gajah Liar Mengobrak-abrik Tanaman Sawit dan Palawija Milik Warga Aceh Utara

Gajah Liar Mengobrak-abrik Tanaman Sawit dan Palawija Milik Warga Aceh Utara

Gajah Liar Mengobrak-abrik Tanaman Sawit dan Palawija Milik Warga Aceh Utara – Kawanan gajah liar mengakibatkan kerusakan beberapa puluh hektare tempat perkebunan masyarakat di Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Aceh. Hewan besar itu mengobrak-abrik tanaman sawit serta palawija yang lain punya masyarakat ditempat.

“Peristiwanya berada di Dusun Krueng Bare, Desa Km. 8. Berdasarkan penjelasan kadus (kepala dusun) ditempat, gajah itu diprediksikan ada belasan ekor. Akan tetapi, yang masuk ke perkebunan serta permukiman masyarakat ditempat ada seputar 3 ekor. Mereka habis mengakibatkan kerusakan tanaman masyarakat,” kata Camat Simpang Keuramat, Iskandar, pada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Ia mengatakan kawanan gajah itu telah mendekati permukiman masyarakat semenjak kemarin. Masyarakat ditempat sudah sempat kuatir dengan kehadiran ‘Poe Merah’ itu. Tidak hanya mengakibatkan kerusakan tanaman, gubuk-gubuk masyarakat di perkebunan itu turut dirusak pun sampai tidak dapat dihuni kembali.

“Kawanan gajah itu masih tetap berkeliaran di rimba yang tidak jauh dari permukiman masyarakat. Kita mengharap masyarakat yang berada di dusun itu supaya lebih waspada serta selalu siaga bila setiap saat gajah kembali turun ke permukiman. Kita juga pengaturan dengan BKSDA supaya bertindak penggiringan gajah kembali pada rimba,” lebih Iskandar.

Sesaat Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo menjelaskan pihaknya telah lakukan penelusuran serta telah turun ke tempat untuk mengatasi momen itu. “Petugas telah turun ke tempat serta mengatasi peristiwa itu,” ucap Sapto Aji.

About admin