Home / Kesehatan / Benarkah Akan Ada Picu Peralinan Dini Kalau Melakukan Seks Saat Hamil?

Benarkah Akan Ada Picu Peralinan Dini Kalau Melakukan Seks Saat Hamil?

Kebanyakan pasutri memang belum paham betu mengenai hal apakah boleh melakukan hubungan seksual ketika istri sedang hamil. Ada mitos boleh, dan tidak boleh dari berbagai kalangan dengan alasan tertentu. Ada juga anggapan bahwa berhubungan seks ketika hamil akan memicu persalinan dini. Namun, apakah anggapan tersebut benar dari segi medis?

Ada tanggapan bahwa berhubungan seks saat hamil dapat memicu kelahiran lebih awal. Dr. Gabrielle Downey, selaku konsultan ginekologi dari Birmingham kini memaparkan bahwa secara teoritis hal itu memang dapat saja terjadi. “Jika belum waktunya, melakoni hubungan seks saat hamil itu aman. Sama sekali tak memicu kelahiran dini,” ungkap Dr. Gabrielle.

Tanggapan semacam ini muncul lantaran sperma mengandung hormon prostaglandin yang bisa memicu terjadinya kontraksi. Bentuk dari prostaglandin ini memang digunakan untuk merangsang proses persalinan, yang mana membuat prostaglandin secara teoritis dapat membuat persalinan lebih cepat. Namun, pada umumnya jumlah hormon prostaglandin dalam sperma tak cukup banyak untuk bisa sampai membuat adanya kontraksi, terlebih hingga mampu membuat persalinan lebih dini.

“Banyak hal yang memancing pergerakan uterus, antara lain ia seks, dapat memicu kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi persalinan yang sejatinya terjadi secara progresif, rasa sakit yang amat sangat, dan kontraksi terjadi lebih kerap. Adapun kontraksi Braxton Hicks umumnya cuma selama 20 sampai 30 detik saja,” tambah Dr. Gabrielle.

About admin