Home / Berita Umum / Babak Akhir Gerhana Bulan Di Sebut Gerhana Penumbra

Babak Akhir Gerhana Bulan Di Sebut Gerhana Penumbra

Babak Akhir Gerhana Bulan Di Sebut Gerhana Penumbra – Gerhana bulan keseluruhan sangat lama yang berlangsung pada era ini menuju titik akhir. Babak ini dimaksud dengan babak gerhana penumbra serta menandai keluarnya piringan bulan dari bayangan umbra.

Pantauan di rooftop lantai 13 Gedung A Kantor BMKG, Jalan Angkasa 1, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018), bayangan merah kelam yang menutupi bulan telah hilang dengan cara prima pada jam 05. 19 WIB.

” Babak gerhana penumbra, ” kata Periset Muda Bagian Astronomi BMKG, Rukman Nugraha, di tempat. Babak gerhana penumbra ini adalah babak saat bulan telah tinggalkan umbra serta kembali masuk ke penumbra. Pada step ini penampakan bulan telah tampak bercahaya meskipun tidak secerah kondisi normal.

Babak gerhana penumbra ini akan berjalan sampai jam 06. 30 WIB. Di Jakarta cuma akan terpantau sampai jam 06. 12 WIB. Pada jam ini, keadaan bulan telah lepas dari penumbra serta bulan telah kembali pada keadaan normal.

” Cuma saja, di Jakarta ini bulannya tenggelam pada jam 06. 12. Nah, jadi kita cuma dapat mencermati gerhana ini dari pertama sampai jam 06. 12 WIB, ” papar Rukman.

About admin